Sabtu, 20 Februari 2016

Aplikasi Asing Menguras Warga RI Hingga 210 Triliun per Tahun

daftar aplikasi sosmed jejaring sosial terlengkap dan terbaik

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Jejaring Sosial yang kini tersebar hingga ke Indonesia, dari puluhan, ratusan, hingga ribuan aplikasi telah tersedia di pasar aplikasi seperti Google Play.

Namun tahu kah anda kalau Penggunaan aplikasi buatan negara lain rupanya menyedot banyak biaya yang harus dibayarkan konsumen dan perusahaan telekomunikasi di dalam negeri?

Seperti dilansir dari Liputan6.com - Managing Director PT Gobsindo Utama, Sonny J Tendean mengatakan konsumen dan perusahaan telekomunikasi lokal harus membayar Rp 210 triliun per tahun untuk biaya transfer data telekomunikasi antara pengguna dengan server (bandwidth).

"Jadi industri telekomunikasi itu harus bayar sampai Rp 210 triliun per tahun untuk pemakaian bandwidth kita seperti untuk aplikasi Facebook, Whatsapp, Line," ujar Sonny di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Dia mengakui, saat ini aplikasi dalam smartphone yang digunakan oleh masyarakat Indonesia mayoritas berasal dari luar negeri. Namun tanpa didasari, hal m tersebut lebih banyak menguntungkan industri perangkat lunak (software) dan perusahaan penyedia aplikasi di negara lain.

"Itu servernya bukan Indonesia, server Whatsapp di Amerika Serikat, Line di Jepang. Tanpa disadari bandwidth kita ke sana, kita akses bandwidth m internasional, bukan ke lokal, berapa juta orang pakai aplikasi itu," kata dia.

Issh...

Menurut Sonny, jika masyarakat Indonesia mengguna aplikasi produksi dalam negeri, maka biaya yang harus dikeluarkan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan masuk ke industri aplikasi di dalam negeri. Hal tersebut akan membantu industri kreatif ini tumbuh berkembang di negeri sendiri.

"Kalau kita masukkan aplikasi lokal, server di Indonesia, jadi tidak perlu belanja bandwidth keluar. Walaupun pakai Telkomsel dan lain-lain untuk belanja bandwidth Indonesia, tapi di Indonesia free. Jadi masyarakat tidak ada masalah walaupun habis pulsa, pakai saja messager Imesh, tidak ke internasional," jelanya.

Gimana broh abis baca artikel ini? Tapi ya mau gimana lagi, orang udah begini adanya..

Share juga ke yang lain ya ...

26 komentar:

  1. Kalau bisa pakai aplikasi dari indonesia aja

    BalasHapus
  2. @Acmad Husni, iya, namun apakah mungkin ...

    BalasHapus
  3. ÊšRaihan MaulanaÊš21 Februari 2016 pukul 03.15

    Bener kata @Achmad Husni, kalo bisa pake aplikasi indo aja. Mungkin... :-) muehehe.

    BalasHapus
  4. kunjungan perdana gan, baru tahu kalau aplikasi" itu bisa menguras sampe segitu banyak nya. tapi cba aja kalo indo bsa bkin aplikasi sendir buat chatting. s,enggak nya mirip whatsapp atau bbm, pasti ada banyak juga yg makek dan bisa mengurangi angka kerugian. oh ia, ngomong" ini kunjungan perdana saya disini. kalau sempat mampir ya

    BalasHapus
  5. @ÊšRaihan MaulanaÊš, tapii untuk saat ini kita masih kalah saing broh sama produk luar

    BalasHapus
  6. @Blog Musik, oke broh.. nanti kita mampir kesana tapi tetep aja broh, kita kalah saing.. ditambah lagi masyarakat kita nya juga gengsi lah kalo pake sesuatu yang belum rame .. mungkin

    BalasHapus
  7. makanya indonesia bikin jejaring sosial biar murah meriahh.. pake produk lokal

    BalasHapus
  8. Coba kalo aplikasi orang indonesia bisa di gemari seperti aplikasi di atas pasti orang indonesia banyak yang sukses

    BalasHapus
  9. jadi aplikasi apa yg ada di dlm negeri yg biasa di pake sejenis wa

    BalasHapus
  10. @Rajip Abdulah, seharusnya

    BalasHapus
  11. @dasmount blog, imesej kayanya

    BalasHapus
  12. @Shared Info, bener broh.. kalo diluar kan kuat modal nya, pemerintah nya aja ngedukung

    BalasHapus
  13. Sepertinya kita harus membuat organisasi hacker situs asing, koruptor ,teroris,dan airport!

    BalasHapus
  14. Siang sob, ane mampir lagi disini :lol: haha ia sih, kadang kalau ada aplikasi keren buatan indo orang" ska nyngka nya buatan orangasing, contonya sperti aplikasi picmix, awalnya orang" ngira itu buatanluar negeri. smpai saat creator/dev nya diundang ke acara talk show di tv baru mereka percaya kalau itu buatan indo bdw .kali ini saya mau skalian laporan kalau blog ente sudah saya follow. silahkan diChek dlu. abis itu jangan lupa follback ya. biar makiin enaksilaturahmi nya :grin:

    BalasHapus
  15. Kapan yah Indonesia bisa? Apa udah ada ?

    BalasHapus
  16. Nahidl Diyan Ilahiy22 Februari 2016 pukul 03.29

    tau ahhh... baru tau duit segitu yg harus dipake.cuma buat begituan. ck ck ck... klo.bisa mungkin pake app. dalam negri aja kali ya?

    BalasHapus
  17. @sudrajat, hehe, ngga usah berlebihan broh

    BalasHapus
  18. @Blog Musik, nah.. itu, mungkin karena terlalu melihat sisi lemah nya; jadi disaat anak bangsa nyiptain sesuatu yang boleh dibilang keren lah, keren dikit gitu; pada ngga percaya ok siap..

    BalasHapus
  19. @Ukhty Nur Maya, sebetulnya sudah ada, namun tidak berkembang seperti punya orang asing

    BalasHapus
  20. @Nahidl Diyan Ilahiy, jauh dari 'iya' kayanya broh.. haha, terima aja dah

    BalasHapus
  21. Nyimak aja,kunbalx di tunggu

    BalasHapus
  22. @zetsful, yoo

    BalasHapus
  23. ARTIKEL SUPER FANTASY24 Februari 2016 pukul 16.19

    Baru tahu sob :-)

    BalasHapus
  24. Tapi mungkin krn blm ada apps dari indonesia yg blm mumpuni, miris ya, duit lari keluar banyak bingits..coba beli boled berapa container ya..:?:

    BalasHapus
  25. @ARTIKEL SUPER FANTASY, haha so tau, baca kaga juga broh.. ayo loh ngaku...

    BalasHapus
  26. @cahgurem, hm.. btw, boled apaan tuh?

    BalasHapus